Article Detail


SD Tarakanita 1–5 Gelar Gladian Pinru 2025: Bentuk Pemimpin Muda yang Tangguh dan Berkarakter

Jakarta, 3 Oktober 2025 – SD Tarakanita 1 hingga 5 mengadakan kegiatan Gladian Pinru (Gladi Pemimpin Regu) pada Jumat, 3 Oktober 2025, bertempat di Kampoeng Goes Fishing, Serua Raya, Depok. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa perwakilan pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru) dari masing-masing sekolah dengan tujuan membentuk karakter kepemimpinan yang tangguh, disiplin, dan bertanggung jawab.

Kegiatan Gladian Pinru merupakan program tahunan Tarakanita yang bertujuan mengembangkan potensi kepemimpinan peserta didik sejak usia dini. Dengan semangat kepramukaan, para siswa dilatih untuk bekerja sama, berani mengambil keputusan, serta mengasah kemampuan komunikasi dan tanggung jawab sosial.

Dalam sambutannya, Suster Yudith selaku Seketaris Eksekutif Yayasan Tarakanita menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wadah pembinaan karakter unggul.

“Melalui Gladian Pinru, kami ingin menanamkan nilai kepemimpinan yang berakar pada semangat pelayanan dan kerja sama. Seorang pemimpin sejati bukan hanya yang memimpin di depan, tetapi juga yang mampu melayani dan menjadi teladan bagi teman-temannya,” ujarnya.

Berbagai kegiatan menarik dan edukatif diadakan, seperti permainan kelompok, latihan kerja sama tim, penanaman nilai Dasa Dharma Pramuka, serta refleksi kepemimpinan. Kegiatan ini dikemas secara menyenangkan dan kontekstual agar peserta belajar memimpin dengan gembira.

Peserta terlihat antusias mengikuti setiap kegiatan. Mereka tidak hanya berlatih menjadi pemimpin yang tangguh, tetapi juga belajar menghargai perbedaan dan memperkuat rasa kebersamaan antar siswa dari berbagai unit SD Tarakanita.

Melalui kegiatan Gladian Pinru 2025 ini, SD Tarakanita 1–5 berharap lahir generasi muda yang berani, mandiri, dan berkarakter kuat—selaras dengan semangat Tarakanita yang menjunjung nilai Cinta Kasih, Keadilan, Kejujuran, dan Tanggung Jawab.

Salam Tarakanita

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment