Article Detail
Workshop Literasi bersama Credo
SD Tarakanita 3 terlibat dalam kegiatan workshop mengenai literasi yang diselenggarakan oleh lembaga Credo dengan mengirim 2 guru kelas bawah untuk terlibat dalam pembelajaran. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan siswa dalam membaca dan menulis dengan menggunakan metode yang menyenangkan bagi anak. Kebutuhan tersebut juga sangat relevan dengan materi workshop mengenai literasi yang ditujukan untuk anak usia kelas bawah. Workshop ini dilaksakan secara berkelanjutan dari bulan April-Juli 2016.
Workshop ini juga diikuti oleh guru dari sekolah lain yang juga bersedia belajar bersama. Kebersamaan dengan guru dari sekolah lain juga menjadi sarana untuk sharing pengalaman.
Kegiatan ini mencakup dasar literasi dan tahapan yang sistematis dalam memberikan pengajaran membaca dan menulis. Kesadaran cetak menjadi hal yang menjadi dasar dalam memulai pengajaran literasi untuk anak.
Workshop ini mengharapkan guru akhirnya mampu mengetahui tentang literasi dan keempat aspeknya, cara mengajarkan pengenalan huruf dengan menyenangkan, melalui nyanyian dan kegiatan kinestetis (tarian dan permainan), dan mengajarkan pengetahuan akan nama huruf, bunyi huruf, jenis huruf (huruf kapital dan huruf kecil) dan cara menulis huruf, cara menulis huruf yang akan memudahkan siswa untuk menulis huruf dengan benar dan efisien. Selain itu, diharapkan guru dapat mengantisipasi masalah yang timbul saat mengajarkan pengetahuan alphabet. Semoga guru-guru semakin mampu memahami dan memenuhi kebutuhan anak.
Workshop ini juga diikuti oleh guru dari sekolah lain yang juga bersedia belajar bersama. Kebersamaan dengan guru dari sekolah lain juga menjadi sarana untuk sharing pengalaman.
Kegiatan ini mencakup dasar literasi dan tahapan yang sistematis dalam memberikan pengajaran membaca dan menulis. Kesadaran cetak menjadi hal yang menjadi dasar dalam memulai pengajaran literasi untuk anak.
Workshop ini mengharapkan guru akhirnya mampu mengetahui tentang literasi dan keempat aspeknya, cara mengajarkan pengenalan huruf dengan menyenangkan, melalui nyanyian dan kegiatan kinestetis (tarian dan permainan), dan mengajarkan pengetahuan akan nama huruf, bunyi huruf, jenis huruf (huruf kapital dan huruf kecil) dan cara menulis huruf, cara menulis huruf yang akan memudahkan siswa untuk menulis huruf dengan benar dan efisien. Selain itu, diharapkan guru dapat mengantisipasi masalah yang timbul saat mengajarkan pengetahuan alphabet. Semoga guru-guru semakin mampu memahami dan memenuhi kebutuhan anak.
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment